KUESIONER KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN (STAKEHOLDER) PROGRAM STUDI BK UMK

ANGKET KEPUASAN LULUSAN TERHADAP PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UMK

Sartika, S. Pd.

Saya merupakan alumni BK UMK tahun masuk 2010. Saya termasuk salah satu orang yang beruntung karena telah dinyatakan lolos dalam seleksi CPNS 2018. Dibalik keberuntungan ada banyak doa dan perjuangan telah tercurahkan. Begitu pula dengan saya yang harus berjuang dalam mendapatkan posisi ini. Perjuanganku dimulai ketika saya memilih kuliah jurusan BK UMK. Tekat yang kuat untuk merubah diri dari nothing menuju somethink mendapat sambutan dan dukungan yang baik selama kuliah di UMK. Saat perkuliahan saya bertemu dengan para dosen yang professional yang memberikan banyak ilmu. Bukan hanya ilmu mengenai ke BK an saja tapi ilmu mengenai memaknai kehidupan. Keteladanan, pengalaman dan motivasi dari para dosen memberikan banyak arti dalam perjuanganku. Dari sini saya menyadari bahwa BK bukan hanya dipelajari namun perlu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin lama saya pelajari semakin banyak perubahan yang sangat berarti dalam kehidupan saya secara pribadi maupun social.
Ada pepatah bahwa usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Begitu pula dengan perjuanganku selama kuliah di UMK terbayar dengan menjadi wisudawan terbaik. Setidaknya saat itu saya telah mewujudkan impian orang tua walau sebenarnya perjuangan belum berakhir. Setelah lulus s1 perjuangan sesungguhnya untuk mengabdi pada negeri. Saya mengikuti program SM3T yaitu kepanjangan dari sarjana mengabdi di daerah terdepan terluar dan tertinggal. Saya beserta 49 peserta yang lain di tugaskan di kabupaten landak selama 1 tahun. Kami di sebar di berbagai wilayah kabupaten landak dan saya mendapatkan di SMP 4 Sengah temila. Di sini saya ditugaskan sendiri dengan keterbatasan fasilitas. Kesunyian dan kegelapan menjadi teman sehari-hari karena listrik yang ada tidak sebaik di jawa dan sinyal tidak ada. Ini menjadi tantangan tersendiri saat ingin memberikan materi layanan ke siswa-siswa disana. Bukan hanya mengajar namun saya juga banyak belajar disana, salah satunya harus mempelajari budaya baru karena sedikit banyak budaya juga dapat mempengaruhi pola piker dan kepribadian seseorang. Kesulitan dan tantangan yang ada disana akhirnya dapat terselesaikan dengan baik. Salah satunya karena bekal yang telah diberikan saat kulaih dulu yaitu konseling lintas budaya.
Perjuannganku tak berhenti Setelah selesai melaksanakan pengabdian di kabupaten landak. Dilanjutkan dengan melaksanankan PPG (pendidikan profesi guru) yang begitu menguras tenaga dan pikiran. Namun mengingat kembali pengalaman dari beberapa dosen yang menceritakan perjuangannya dulu dalam mencapai kesuksesan, lelah dan keluh kesah yang saya alami tidak ada apa-apa dibanding beliau-beliau. Satu hal yang perlu saya ingat bahwa jika guru BK belum bisa memanajemen dirinya dengan baik bagaimana nanti bisa membantu siswa mengelesaikan masalahnya .
Sekarang perjalanan baru telah dimulai tandanya perjuanganku takkan usai. Saya akan memberikan yang terbaik di SMP 1 Kragan, tempat baruku untuk mengabdi pada negeri. Saya bangga menjadi alumni BK UMK dan bersyukur dapat bertemu dengan orang-orang hebat di sana. Terima kasih BK UMK telah memberikan arti dalam berjuang.

Ulfa Auliya Nurzuliyan, S.Pd

Saya merupakan alumni Bimbingan dan Konseling yang berasal dari Majalengka Jawa Barat. Tidak sia-sia saya memilih BK UMK sebagai tempat untuk mencari ilmu karena BK UMK mampu mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas. Dengan difasilitasi dosen yang profesional yang mampu membimbing serta mentransformasikan ilmunya yang up to date sehingga alumni BK UMK mampu bersaing dalam dunia nyata pasca kuliah. Alhamdulillah tidak disangka saya alumni BK yang diwisuda pada periode Oktober 2018 mampu bersaing dan lolos dalam seleksi CPNS tahun 2018 dan sekarang ditempatkan di SMK Negeri Compreng Subang. Terimakasih BK UMK saya bangga menjadi alumni BK UMK.

Dinnya izza'i., S.Pd

Saya Dinnya alumni mahasiswi bimbingan konseling UMK saya tinggal di kota jepara. Bagi saya belajar imlu BK bukan suatu pilihan tapi adalah tujuan utama saya. Menurut saya BK adalah ilmu yg dinamis yg bisa saya pergunakan dri segala arah. Tidak sia-sia saya memilih perguruan tinggi UMK sebagai tempat untuk saya menuntut ilmu bimbingan konseling. Dengan bapak dan ibu Dosen yg berkompeten serta profesional saya yakin BK UMk mampu mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas. sehingga alumni BK UMK mampu bersaing dalam dunia kerja nantinya. Alhamdulillah tidak disangka saya alumni BK yang diwisuda pada periode Oktober 2017 mampu bersaing dan lolos dalam seleksi PT. BANK NEGARA INDONESIA Angkatan BINA BNI batch 1 tahun 2018 dan pada saat ini saya penempatan di kota kelahiranku di PT BANK NEGARA JEPARA bertugas di KCP margoyoso. Saya bangga menjadi alumni BK UMK karena lulusan BK UMK mampu bersaing dari lulusan universitas terkemua lainnya . Semakin jaya BK UMK berkibarlah setinggi angkasa.. Salam mahasiswi BK UMK th 2017.

Heni Pratiwi, S.Pd

Saya merupakan alumni Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Saya sangat bangga memilih jurusan BK UMK yang merupakan Culture University di Kabupaten Kudus sebagai tempat menuntut ilmu karena jurusan BK UMK membentuk karakter mahasiswa-mahasiswa yang kompeten. Tidak hanya soft skill yang saya peroleh namun hard skill menjadi bagian dari pembelajaran di UMK. Dengan Dosen profesional yang mampu membimbing serta mentransfer ilmu baik akademik maupun non akademik sehingga alumni BK UMK mampu bersaing dalam dunia pendidikan. Alhamdulillah dengan ridho Allah SWT dan bekal yang saya peroleh selama menjadi mahasiswa, saya alumni BK yang diwisuda pada periode April 2018 mampu bersaing dan lolos dalam seleksi CPNS tahun 2018 dan sekarang di tempatkan di SMP Negeri 3 Pati. Terimakasih BK UMK saya bangga menjadi alumni BK UMK.

Henny Noor Sofianita, S.Pd

Saya Henny Noor Sofianita, S.Pd. alumni BK UMK. Mengambil kuliah jurusan BK membuat saya termotivasi untuk belajar. Walau waktu perkuliahan sering merasa berat dengan adanya tugas dan kurang mempunyai skill di bidang BK, namun ternyata mampu memberikan bekal dan pengalaman bagi saya dalam mengembangkan kemampuan dan minat untuk belajar BK. Para dosen pengampu yang profesional dan mampu mendukung serta selalu memotivasi mahasiswa untuk tetap belajar dan berjuang demi pencapaian yang lebih baik. Periode April 2018 akhirnya saya lulus kuliah, dan tersadar bahwa belajar BK itu mengasyikan. Sebagai lulusan BK alhamdulillah tidak disangka dan merasa bangga dapat dan mampu bersaing dan lolos dalam seleksi CPNS tahun 2018 dan ditempatkan di SMP Negeri 29 Surabaya. Terimakasih dan sukses selalu untuk BK UMK. Aamiin.

Please publish modules in offcanvas position.