Tim X_BRAMA Raih Medali Emas dan Penghargaan Spesial di Malaysia

Kudus- Minggu (06/10) Tim X_Brama Universitas Muria Kudus mendapatkan gold medal dan special award dalam acara internasional "World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2019". Event tersebut diadakan atas kerjasama oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan SEGi College Subang Jaya Malaysia dan diselenggarakan mulai dari tanggal 2 sd. 6 Oktober 2019. 

Tempat penyelenggaraan tersebut di SEGi College Subang Jaya Campus, Persiaran Kewajipan USJ 1, 47600 UEP Subang Jaya, Selangor, Malaysia. WICE 2019 diikuti oleh 500 peserta dengan berbagai negara seperti indonesia, malaysia, vietnam, philiphine, thailand, korea selatan, turki, rusia dan inggris. Dari Indonesia sendiri terdapat 90 tim dengan tingkatan SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Tim X_Brama UMK mengangkat tema Braille Mathematics dengan APPs yang dinamai dengan "XBrama (xmart Braille Mathematics)" dengan tujuan agar anak berkebutuhan khusus terutama tuna netra dapat menggunakan alat bantu hitung yang efektif dan memperkenalkan dan membiasakan anak tuna netra dengan teknologi matematika (X_Brama) . namun X_Brama ini bisa digunakan bukan hanya untuk anak berkebutuhan khusus namun dapat digunakan untuk media berhitung anak usia dini.

Tim X_Brama UMK mendapatkan medali emas dalam WICE 2019 atas dedikasinya terhadap dunia pendidikan baik dalam pendidikan anak usia dini maupun anak berkebutuhan khusus dan mendapat penghargaan khusus dalam WICE 2019 dalam inovasi penemuannya yaitu X_Brama yang dikembangkan dari Brama (Barille Mathematics) menjadi X_Brama.

“kami tidak menyangka akan mendapatkan medali emas, lebih-lebih mendapat penghargaan khusus dari WICE 2019 ini, kami sangat bersyukur atas pencapaian perja keras kami, semoga adik-adik tingkat bisa megikuti event-event tingkat internasional seperti ini serta dapat mengharumkan nama Universitas Muria Kudus dikancah Internasional” sambung indah salah satu tim dari X_Brama.

“ini adalah hasil kerja keras mereka, Alhamdulillah mendapat apresiasi yang baik oleh panitia WICE 2019, dan dapat membanggakan nama umk di ajang internasional seperti ini, saya harap lebih banyak perwakilan UMK yang dapat mengikuti jejak kami dan dapat meningkatkan kualiatas perguruan tinggi terutama program studi bimbingan dan konseling sendiri” ucap Richma Hidayati yang merupakan dosen pembimbing dari X_Brama ini. (Rizka)